AMD Perkenalkan Simulasi Rambut Realistis di Tomb Raider Reboot PC!
PC memang harus diakui sebagai platform gaming paling kuat yang ditawarkan di industri game saat ini. Sifatnya yang dinamis membuat banyak developer mampu mengadaptasikan ragam teknologi yang baru dan inovatif untuknya, terutama dari sisi visual, sesuatu yang tidak akan mampu diimplementasikan oleh konsol yang kian tua. Salah satu yang menarik untuk diikuti? Seri reboot yang tengah dikerjakan oleh Crystal Dynamics dan Square Enix – Tomb Raider yang memuat karakter utama – sang Lara Croft muda. Tidak hanya sekedar memastikan framerate dan kualitas tekstur yang jauh lebih baik, Tomb Raider Reboot versi PC ternyata juga akan memuat sebuah teknologi baru racikan AMD dan Crystal Dynamics. Teknologi yang mereka sebut sebagai TressFx Hair. Dari semua elemen desain karakter yang ada, rambut memang menjadi salah satu “masalah” yang cenderung terlihat kentara. Ia sering terlihat begitu kaku dan seringkali hadir dengan animasi yang kurang merepresentasikan sifatnya di dunia nyata ketika bersinggungan dengan banyak hal. Lewat teknologi TressFX Hair , AMD dan Crystal Dynamics berusaha memperbaiki hal ini. Menggunakan bahasa pemograman DirectCompute, mereka menciptakan sebuah simulasi yang lebih realistis dan dirender secara real-time. Setiap helai rambut Lara Croft saat ini akan dapat dipengaruhi oleh berbagai physics, dari gravitasi, angin, cahaya, gerak kepala, bahkan membuat rambut Croft keriting ketika dihadapkan pada situasi tertentu. Apakah ini artinya efek rambut seperti ini hanya akan mampu dihadirkan oleh AMD saja dan tertutup untuk perangkat dari Nvidia? Kemungkinan besar tidak. Bahasa pemograman DirectCompute dari DirectX 11 seharusnya membuat animasi rambut ini “terbuka”. AMD dan Crystal Dynamic sendiri belum memberikan konfirmasi apapun.