Bedakan Dampak Kecanduan Game dan Psikopat

Seakan ga ada habisnya, kecenderungan bermain game yang berlebihan sering dikonotasikan hal-hal buruk dan mengarah ke tindakan brutal. Paling minim sih, saking hobinya dia bermain game sampai melupakan interaksi sosial dan kegiatan sehari-hari, tapi kalau sampe tersangkut tindak kriminal…Hmm, mari coba memilah mana yang masih dikategorikan kecanduan game dan mana yang sudah benar-benar terganggu kondisi kejiwaannya atau seorang psikopat!


Ambil contoh saja kasus terbaru yang terjadi di Cina, dan bukannya menghakimi perilaku gamer di sana negatif ya, tapi memang banyak kasus kecanduan game terekspos karena jumlah gamernya yang juga membludak. Seorang gamer bernama Zhao begitu kesal dengan pengelola warnet tempat dia biasa bermain saat koneksi internet (ISP) yang digunakannya terputus manakala sedang memainkan salah satu game web-based favoritnya. Kekesalannya begitu memuncak sampai dirinya ‘ngeyel’ menghampiri langsung sang pemilik warnet berlokasi di Renqiu, kota Hebei.

Awalnya, mereka berdua hanya bertengkar mulut, karena sang pemilik (disebutkan bernama Ren) malah menuduh Zhao telah mengunduh virus yang menyebabkan terputusnya koneksi internet. Semakin berang, Zhao pun meluncurkan bogem mentah ke arah Ren. Dengan posisi mempertahankan diri, Ren masih sempat merenggut sebuah palu, tapi gagal mengenai si Zhao. Bahkan palu itu berhasil direbut Zhao dan digunakan untuk memukul kepala Ren berkali-kali hingga sang pemilik warnet terkapar tewas di tanah.

Lebih ‘gila’-nya lagi, begitu istri Ren masuk ke ruangan dan bergerak menghampiri jenazah suaminya, Zhao melayangkan juga palu itu ke kepala sang istri yang tak tahu apa-apa tersebut, kemudian menikamnya dengan gunting yang tergeletak dekat jangkauannya. Demi menutup kejahatannya, Zhao akhirnya membakar warnet berisi mayat pasangan suami istri tersebut bersama senjata pembunuhnya.

Kasus pembunuhan tersebut terjadi di bulan Desember lalu, namun pihak berwajib baru berhasil menangkap Zhao di bulan Januari ini. Berdasarkan sumber pemberitaan dari Cina, Zhao terancam hukuman mati atas tuntutan pembunuhan ganda. Hukuman setimpal untuk seorang ‘psikopat’, tapi bukan untuk gamer yang kecanduan game tentunya…

Andaikata 2 aline pertama di atas hal yang wajar kita temui pada dampak kecanduan game, maka dua alinea berikutnya akan menggambarkan hal-hal yang membedakan gamer dengan orang yang kemungkinan terganggu kejiwaannya, alias psikopat! So, bagaimana Sobat Digitalife? Stay healhty, and keep happy gaming! ^_^


Source : Here
Share this article :
 
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Get More Lesson - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger